Grojogan Sewu, Karanganyar (Jateng)

AIR TERJUN GROJOGAN SEWU

 

A.  Selayang Pandang

Air Terjun  Grojogan Sewu sering dinobatkan sebagai Obyek Wisata Teladan Tingkat Provinsi  Jawa Tengah karena memang memiliki panorama alam yang begitu indah. Obyek wisata ini merupakan perpaduan antara hutan wisata dan air terjun. Komplek obyek wisata ini merupakan areal hutan dengan luas 20 Ha, yang dikelola oleh  lembaga Konservasi SDA (KSDA) Bogor.

Obyek wisata ini menyimpan sejuta keindahan. Air terjun yang tingginya mencapai sekitar 81 meter menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.  Curahan air terjun yang tidak berpusat pada satu titik, namun menyebar ke berbagai penjuru, kian menambah pesona keindahannya.

B.  Keistimewaan

Ketika pertama  kali masuk ke lokasi obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini, pengunjung akan  dikejutkan dengan kera-kera yang memang sengaja dilepas. Tidak perlu khawatir atau takut terhadap kera-kera itu. Yang penting, makanan bawaan perlu dijaga  jika tidak ingin disentuh oleh kera-kera itu. Atau bisa juga memberikan makanan  seperti kacang agar tingkah kera-kera itu tidak membuat pengunjung ketakutan.

Untuk  sampai ke dasar lokasi obyek wisata air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki  melalui ratusan anak tangga yang ada dan tersusun rapi. Di beberapa sudut  belokan tangga, tersedia gazebo (tempat peristirahatan) bagi pengunjung yang merasa kecapekan. Sesampainya di dasar lokasi, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang begitu indah, khususnya Air Terjun Grojogan Sewu. Pengujung bisa melihat air terjun ini dari kejauhan atau juga dari jarak yang lebih dekat. Untuk mendekati air terjun ini, pengunjung perlu berhati-hati karena perlu  melawati bebatuan yang cukup tajam dan besar. Disarankan agar pengunjung tidak  mandi tepat di bawah air terjun karena curahan air terjun sangat keras sehingga  beresiko bagi kesehatan tubuh, seperti masuk angin atau badan sakit-sakitan.  Jika ingin mandi dengan kondisi yang aman, cukup dilakukan di sekitar air  terjun saja.

Di samping  obyek air terjun, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang  tersedia. Pengunjung bisa berenang di dua buah kolam renang yang letaknya tidak  jauh dari air terjun. Kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa dipisah. Atau pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri kawasan obyek wisata sambil  melihat-lihat pemandangan perbukitan yang indah dan menawan.

C. Lokasi

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di kaki Gunung Sewu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar,  Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

D. Akses

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kedaraan umum (bis) untuk menuju lokasi obyek wisata ini. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bis besar jurusan Solo-Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi Solo dengan tarif sekitar Rp. 7.000,00 (Maret 2008). Rute yang dilalui adalah  Solo-Karanganyar-Karangpandan-Tawangmangu. Perjalanan dari Kota Solo sampai di  lokasi bisa ditempuh selama sekitar satu setengah jam.

Sesampainya di terminal Tawangmangu, pengunjung yang menggunakan bis umum perlu berjalan kaki sepanjang kurang lebih satu kilometer untuk dapat mencapai lokasi obyek wisata. Atau bisa juga naik angkutan umum L300 dengan tarif sekitar Rp. 1.000,00 (Maret 2008). Ada dua pilihan pintu masuk ke dalam lokasi obyek wisata, yaitu pintu 1 yang ada di bagian puncak dan pintu 2 yang ada di lereng  bawah.

E. Tiket

Harga tiket masuk lokasi obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini adalah sebesar Rp.  6.000,00 (Maret 2008).

F.  Akomodasi dan Fasilitas Lain

Di kawasan  Air Terjun Grojogan Sewu terdapat sejumlah fasilitas pendukung, seperti kolam  renang, taman binatang hutan, dan taman bermain untuk anak-anak. Di samping  itu, di kawasan obyek wisata ini terdapat warung makan, kios cinderamata, kios buah-buahan, mushalla, toilet, dan lain sebagainya. Di sisi kanan dan kiri  pintu 1 terdapat banyak penjual bunga edelweiss, buah strawberry, kerajinan  tangan, dan penyewaan kuda yang bisa ditunggangi untuk berkeliling di sekitar  komplek taman wisata.

(Happy Susanto/wm/12/03-08)

 

__________

Sumber : http://wisatamelayu.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s